Jumat, 06 Agustus 2021

Tak Mau Ambil Risiko Besar? Jenis Investasi Ini Bisa Jadi Pilihan Anda

Emas

Pesatnya perkembangan teknologi di masa kini membuat segala informasi soal keuangan bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah investasi, yang umum dikenal sebagai salah satu cara untuk memproteksi uang dan aset yang dimiliki. Tak hanya berupa deposito, saham, atau properti, ada juga investasi yang memiliki fungsi perlindungan, seperti asuransi unit link berbasis syariah.

Sebagaimana diketahui, setiap investasi memiliki risiko yang berbeda dan biasanya risiko ini berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang didapatkan. Jika risikonya besar, maka keuntungannya pun akan besar. Begitu juga sebaliknya, apabila Anda baru mau memulai investasi dan belum berani untuk mengambil risiko yang besar, Anda bisa mencoba jenis investasi yang minim risiko tetapi tetap menguntungkan. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

 

1.      Reksa Dana Pasar Uang

Belakangan ini, reksa dana menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat terutama anak muda. Reksa dana sendiri terbagi menjadi beberapa produk tergantung dari risikonya, diurutkan dari risiko terendah ke tinggi, ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap (obligasi), dan reksa dana saham. Reksa dana pasar uang bisa menjadi pilihan Anda karena mayoritas dananya dialihkan ke deposito atau surat berharga lainnya. Biasanya, hasil keuntungannya lebih besar dari deposito.

 

2.      Peer-to-Peer Lending (P2P)

Peer-to-Peer Lending atau P2P merupakan wadah investasi yang menjembatani pemilik dana (investor) dengan pihak yang membutuhkan dana. Dana yang diberikan oleh investor akan dikembalikan beserta bunga atas investasinya. Jenis investasi ini tetap dipantau oleh perusahaan fintech lending, biasanya perusahaan akan melakukan seleksi terhadap calon peminjam agar tidak terjadi gagal bayar yang dapat merugikan investor.

 

3.      Emas

Jenis investasi ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat bahkan menjadi salah satu jenis investasi terfavorit karena dianggap paling aman dan minim risiko. Alasannya karena nilai jualnya relatif stabil bahkan cenderung naik setiap tahunnya. Sifatnya yang likuid membuat Anda bisa menjualnya kapan pun tanpa harus menunggu jatuh tempo. Investasi jenis ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang agar keuntungannya lebih terasa.

 

4.      Surat Utang Negara

Surat utang negara merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dan bisa didapatkan investor melalui pasar negara dan pasar sekunder. Singkatnya, jenis investasi ini adalah bukti pemerintah berutang kepada pemilik modal (investor) dalam jangka waktu tertentu. Pembayaran bunga dan pokoknya dijamin oleh pemerintah sesuai dengan masa berlakunya. Produk investasi ini terbagi menjadi dua disesuaikan dengan jangka waktunya, ada surat perbendaharaan negara untuk jangka waktu maksimal 12 bulan dan obligasi negara dengan jangka waktu lebih dari 12 bulan.

 

Jika Anda baru mau memulai investasi dan tidak ingin mendapatkan risiko yang besar, jenis investasi di atas bisa menjadi pilihan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mulai berinvestasi, ya!

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.