Rabu, 18 Agustus 2021

Keuntungan Membeli Produk Asuransi Jiwa untuk Masa Depan

 

Asuransi Jiwa

 

Produk asuransi dan investasi (insurance and invest product) memiliki satu kesamaan dengan asuransi jiwa murni. Mereka memberikan perlindungan terhadap masa depan Anda. Perbedaannya adalah asuransi yang dilengkapi investasi memiliki nilai investasi selain perlindungan jiwa.  Produk yang sangat menarik namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak memilikinya. Mereka bahkan enggan untuk berusaha mendapatkannya. Ada berbagai alasan yang muncul dari kondisi tersebut. Mulai dari premi yang mahal, hingga ketidakpercayaan terhadap produk asuransi jiwa itu sendiri. Oleh karena itu, di sini, kita akan mencoba mengerti lebih dalam tentang pentingnya asuransi jiwa untuk hidup Anda.

 

Memberikan perlindungan saat terjadi kejadian tak terduga

Anda tidak akan pernah tahu hal buruk apa yang akan terjadi di masa mendatang. Dengan memiliki asuransi jiwa, maka kondisi finansial Anda akan aman saat kejadian tak terduga tersebut datang. Misalnya, Anda meninggal dunia saat memiliki asuransi ini, maka keluarga Anda akan mendapatkan bantuan finansial.

Hal ini berguna untuk Anda yang memiliki keluarga yang masih membutuhkan dukungan finansial dari Anda. Mereka akan dapat melanjutkan hidupnya di masa mendatang tanpa khawatir kehilangan dukungan finansial tersebut yang menjadi penopang hidup mereka. Sedangkan untuk jumlah uang yang diterima, hal ini tergantung bagaimana perjanjian di awal, seperti yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab X Pasal 305. (Sumber: jdih.kemenkeu.go.id)

 

Asuransi jiwa untuk investasi masa depan

Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda juga berinvestasi untuk masa depan keluarga Anda. Premi yang Anda bayarkan setiap bulannya sama seperti uang yang Anda investasikan pada produk lainnya. Uang dari premi ini akan berkembang dan bertambah. Dan, pada saat semua kondisi cocok dengan yang diatur dalam perjanjian, maka “hasil” dari investasi tersebut dapat dinikmati.

Hal ini terdengar seperti usaha yang sia-sia, karena Anda, sebagai investor, tidak menikmati keuntungan dari investasi Anda. Namun, tujuan utama dari memiliki asuransi jiwa bukanlah untuk diri sendiri. Asuransi ini mungkin satu-satunya asuransi yang hanya bisa dinikmati oleh orang lain, selain pemegang asuransi tersebut. Karena, di sini yang diasuransikan adalah jiwa pemegang, seperti yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab X Pasal 302. (Sumber sama dengan yang diatas yaitu: jdih.kemenkeu.go.id) 

 

Dapat digunakan untuk membayar hutang

Banyak orang yang tidak tahu bila asuransi jiwa, ternyata juga dapat digunakan untuk melunasi hutang. Salah satu contohnya adalah asuransi jiwa yang Anda temukan saat mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Sayangnya, banyak orang yang enggan untuk mengambil asuransi jiwa KPR. Mereka memandang proses untuk itu sangat rumit dan merepotkan.

Yang tidak mereka ketahui, asuransi jiwa KPR dapat digunakan untuk membayar cicilan rumah yang belum habis. Jadi, saat tertanggung meninggal dunia, jumlah asuransi jiwa yang dia miliki akan digunakan untuk membantu melunasi hutang pembelian rumah secara kredit. Biasanya, ada tim khusus KPR yang membantu keluarga tertanggung melakukan ini. Intinya, saat Anda meninggal dunia, keluarga Anda tidak akan kehilangan tempat tinggal hingga semua kredit rumah lunas terbayar.

 

Kesimpulan

Dengan semua keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi jiwa yang telah dijelaskan di atas, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak memilikiasuransi ini. Sama seperti investasi yang memberikan ketenangan finansial di masa depan, asuransi jiwa juga menjadi bantuan finansial terbaik untuk keluarga. Ditambah lagi, Anda juga akan dapat merasa tenang dan damai dalam menjalani hidup, karena sudah ada jaring pengaman yang akan terbentang untuk keluarga, di saat Anda meninggalkan dunia ini.

 

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.