Selasa, 31 Agustus 2021

Kenali 5 Jenis Perusahaan Asuransi dan Peranannya di Indonesia

Perusahaan Asuransi

 

Perusahaan asuransi di Indonesia saat ini telah hadir dengan beragam produk yang menarik untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Dengan pilihan produk yang beragam, asuransi dapat dijangkau oleh semua kalangan.

 

Jenis Perusahaan Penyedia Asuransi


Ada beberapa jenis perusahaan yang menyediakan asuransi di Indonesia. Perusahaan tersebut menawarkan berbagai jenis asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap jenis perusahaan tersebut:


        Asuransi Jiwa

Menurut OJK ini adalah perusahaan yang menyediakan jasa penanggulangan risiko ketika seseorang yang dipertanggungkan meninggal dunia. Perusahaan tersebut mengumpulkan dana dari para peserta dan diinvestasikan untuk membayar kewajiban pemegang polis.

Saat ini terdapat banyak produk asuransi jiwa yang tidak hanya menawarkan perlindungan terkait kondisi hidup pemegang polis tetapi juga menyediakan produk investasi. Contoh produk asuransi jiwa adalah asuransi berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi unit link, dan asuransi dwiguna.


        Asuransi Umum

Ini adalah perusahaan yang menawarkan pertanggungan risiko akibat kerugian yang dialami oleh pemegang polis seperti kerusakan, kehilangan, atau kerugian lainnya karena peristiwa yang tidak pasti. Perusahaan asuransi ini melindungi risiko aset, harta benda, dan aktivitas yang berpotensi mengalami risiko kecelakaan atau kehilangan.

Produk asuransi umum contohnya adalah asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan, asuransi propertiproperty, asuransi kredit, dan asuransi hewan piaraan. Jika Anda berniat mendaftarkan polis untuk asuransi umum, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK.


        Asuransi Wajib

Ini adalah perusahaan penyedia asuransi yang dikelola oleh negara dan memiliki status BUMN. Perusahaan tersebut memiliki lini yang berbeda-beda seperti pembayaran pensiun dan asuransi khusus untuk kecelakaan.


        Asuransi Sosial

Perusahaan penyedia asuransi ini didirikan oleh negara untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan. Selain itu, asuransi tersebut saat ini juga telah menyediakan program jaminan sosial seperti jaminan untuk kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.


        Perusahaan Reasuransi

Perusahaan ini memberikan pertanggungan atas risiko yang dialami oleh perusahaan penyedia asuransi atau perusahaan reasuransi yang lain. Perusahaan ini membantu perusahaan penyedia asuransi seperti meningkatkan kapasitas penerimaan risiko, meminimalisir penyebaran resik, mendukung stabilitas keuntungan perusahaan, dan meminimalkan cadangan teknis.

 

Fungsi Perusahaan Penyedia Asuransi


Perusahaan penyedia asuransi tidak hanya sekedar menawarkan pertanggungan terhadap risiko. Perusahaan ini juga memiliki beberapa peranan penting yang perlu diketahui.


        Risk Transfer

Ini merupakan fungsi utama perusahaan penyedia asuransi. Perusahaan tersebut menggunakan mekanisme pemindahan risiko. Jadi perusahaan akan mendapat kepastian mengenai kerugian yang belum pasti


        Equitable Premiums

Perusahaan wajib memastikan premi yang disetorkan sesuai dengan potensi risiko yang dimiliki. Premi yang terlalu tinggi akan menyebabkan perusahaan kehilangan nasabah karena masyarakat akan lebih memilih asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing. Sebaliknya, premi yang terlalu sedikit juga membuat perusahaan tidak memperoleh cukup dana untuk membayar klaim.


        Reduction of Loss

Kehadiran perusahaan penyedia asuransi dapat mendukung perkembangan perekonomian melalui usaha yang dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan risiko dan menurunkan kerugian yang terjadi. Perusahaan akan melakukan survey terhadap berbagai resikoresik yang mungkin muncul dan memberikan edukasi mengenai cara-cara mencegah kerugian tersebut.


Asuransi telah menjadi produk keuangan yang dapat membantu meminimalisir kerugian finansial yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan banyaknya perusahaan asuransi yang hadir di Indonesia saat ini, Anda perlu selektif untuk mendapatkan produk asuransi terbaik. Dengan mengikuti asuransi, Anda tentu akan hidup lebih nyaman.

 

 

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.