Senin, 15 Februari 2021

Cara Mengemas Barang Ekspor Ke Luar Negeri

Flexi Bag

Apakah anda takut barang yang anda kirimkan ke luar negeri mengalami kerusakan? Itu bisa terjadi karena proses pengemasan yang salah. Tentu anda tidak ingin membayar lebih untuk kerugian karena kerusakan kemasan. Dalam menggunakan jasa ekspor barang ke luar negeri, anda harus mengemas barang dengan benar. Simak cara mengemas barang ekspor berikut.


Packaging Barang Ekspor yang Tepat


1. Jenis Barang

Dalam mengemas barang untuk diekspor, anda harus memperhatikan jenis barang yang anda kirim. Apakah barang merupakan barang padat atau berupa cairan, kemudian jenis barang elektronik dan barang pecah belah harus dikemas dengan perlindungan khusus. Hal ini mempengaruhi cara anda untuk mengemas dan bahan yang anda pilih untuk melapisinya.

Ukuran barang juga penting untuk pengiriman barang ke luar negeri. Anda harus menyesuaikan wadah yang membungkus barang anda dengan ukuran barang yang anda kirimkan. Usahakan wadah yang menjadi pelindung lebih besar ukurannya agar dapat diisi dengan bahan yang melapisinya, sehingga barang sampai tujuan dalam kondfisi yang baik.

Pastikan jasa pengiriman ekspor barang yang anda gunakan mengutamakan keselamatan barang yang dikirimkan. Pengiriman yang baik akan memperhatikan jenis barang saat proses bongkar muat. Produk makanan dan minuman berupa konsumsi tidak akan disandingkan dengan produk-produk bahan kimia, begitu juga produk elektronik dan barang padat lainnya.


2. Pelindung Barang

Pada umumnya, barang yang dikirimkan melalui jasa ekspor barang keluar negeri menggunakan bubble wrap sebagai pelindung. Bubble wrap akan melindungi barang anda akan benturan yang akan terjadi saat proses pengiriman. Lilitkan bubble wrap beberapa kali sebelum dimasukkan ke dalam kemasan untuk menghindari kerusakan barang didalamnya.

Gunakan juga wrapping dengan lakban, terutama pada bagian atas dan bawahnya untuk mencegah kerusakan kemasan. Bila diperlukan, lapisi juga dengan plastik atau kantong sampah warna hitam untuk menghindari kerusakan karena air hujan, salju dan tumpahan air saat pengiriman. Hal ini sangat membantu keamanan barang yang anda kirimkan keluar negeri.


3. Model Kemasan

Anda dapat memilih berbagai jenis kemasan yang dapat digunakan untuk melindungi barang anda. Box Streofoam contohnya, bahan ini berguna untuk melindungi paket akan kerusakan saat ditindih dengan barang lain. Jika anda ingin menggunakan kardus sebagai kemasan barang anda, pilihlah kardus yang baru hingga kondisinya masih bagus, kokoh dan tebal.

Kayu juga dapat menjadi pilihan anda untuk menjadi pengemas barang melalui jasa ekspor barang. Pilihlah bahan kayu seperti plywood atau triplek tebal, maka anda akan terhindar dari biaya fumigasi. Pallet atau peti kayu juga bisa digunakan untuk kemasan yang aman dari benturan. Pemakaiannya juga memudahkan proses loading in dan loading out saat pengiriman.


4. Pengiriman yang Aman

Jangan membungkus barang hanya dengan plastik atau karung, karena dibagasi pesawat atau di kapal kargo barang anda akan bercampur dengan barang lain. Bisa jadi barang yang anda kirimkan keluar negeri itu ditindih dengan barang-barang lainnya. Konsultasikan dengan agen pengiriman baarang ekspor agar barang anda diperlakukan dengan tepat.

Sertakan stiker fragile untuk barang yang mudah pecah, hal ini diperlukan agar barang yang pecah belah tidak diletakkan pada tumpukan paling bawah saat pengiriman melalui jasa ekspor barang. Proses bongkar muat barang dapat menjadikan barang anda terguncang, maka material kemasan yang anda gunakan berpengaruh terhadap kualitas barang ekspor anda.


Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menjadikan barang ekspor anda aman dan sampai tujuan dengan kualitas terjaga. Tak perlu bingung untuk memilih jasa ekspor yang terpercaya, coba kunjungi kilo.id maka anda tidak akan kecewa dengan pelayanannya. Dijamin barang kiriman anda akan sampai dengan baik dan kualitasnya terjaga tanpa kerusakan.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.