Sabtu, 19 September 2020

PABX Kembangkan Bisnis Anda

PABX

PABX merupakan suatu perangkat yang menyambungkan telepon atau intercom antara pelanggan dengan pihak perusahaan, yang terdapat di gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Umumnya harga PABX ini dibanderol cukup tinggi, karena biasanya perangkatnya terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PT Telkom. Untuk itu berikut akan diulas cara kerjanya.

Cara Kerja Sistem PABX

Bisa dibilang sistem telepon PBAX ini merupakan pusat kontrol telepon yang mempunyai banyak sambungan kabel. Fungsi dari sistem PABX ini sendiri ialah pertama melakukan panggilan ke sesama pengguna atau intercom call, serta panggilan keluar atau out going call. Fungsi yang kedua ialah dapat melakukan transfer atau meneruskan telepon ke pengguna lain dari satu ekstensi ke ekstensi yang lainnya.

Terakhir, melakukan pembatasan tertentu pada pengguna atau extension tertentu atau disebut juga dengan istilah Call Management. Sistem yang dimiliki oleh perangkat PABX ini, dapat dilakukan dengan beberapa sambungan kabel yang diarahkan pada sebuah switchboard sebagai control station. Memiliki harga yang beragam, teknologi canggih yang tersematkan di dalam sistem telepon ini dapat membantu penggunanya.

Karena teknologi canggih yang terdapat pada perangkat ini, alhasil perangkat dapat digunakan untuk beberapa hal seperti telepon, modem, mesin fax, serta alat komunikasi internal karyawan di perusahaan. Cara kerjanya yaitu setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan dirouting atau diarahkan melalui control station tersebut. Karena di dalam sistem perangkat PABX tersebut telah dimasukkan beberapa kode ekstensi tertentu.

Jumlah ekstensi yang terhubung pada sistem perangkat satu ini bisa sampai ratusan nomor. Salah satu contohnya saja pada sistem telepon PABX OXO Connect R2 dari Alcatel Lucent Enterprise, yang memiliki kemampuan menghubungkan hingga 300 ekstensi. Ketika ada pelanggan yang melakukan panggilan off hook secara otomatis, maka perangkat ini akan mengirimkan sinyal ke perangkat yang mempunyai harga lumayan tinggi.

Sistem perangkat telepon PABX ini memiliki sambungan dengan menggunakan dial tone. Kemudian sistem perangkat PABX akan melakukan pengenalan terhadap dial tone tersebut, selanjutnya perangkat telepon satu ini akan mengetahui apakah penggilan tersebut termasuk ke internal atau eksternal. Lalu proses routing atau pengarahan dimulai, jika panggilan tersebut mengarah ke internal maka akan dikirim ke PABX yang tidak menggunakan trunk pada sinyal luar.

Namun apabila panggilan tersebut ditujukan ke eksternal, maka sistem perangkat telepon PABX ini  akan mencari beberapa nomor yang tersedia kemudian mengirim informasi tersebut ke central office. Dengan begitu berbagai panggilan masuk dan panggilan keluar tersebut akan tertuju ke orang yang tepat, karena di dalam sistem perangkat telepon PBAX ini telah menyimpan ratusan kode ekstensi.

Harga PABX yang dibanderol cukup beragam ini, memiliki manfaat yang sangat berperan penting seperti membantu mengontrol biaya perusahaan operasional sebuah perusahaan. Pasalnya penggunaan antar nomor ekstensi tersebut tidak dikenakan biaya sepeserpun. Sehingga akan memudahkan anda apabila ingin membicarakan berbagai urusan pekerjaan melalui sistem telepon satu ini. PABX memungkinkan juga mengatur rekaman penerima pesan.

Itulah cara kerja untuk sistem telepon PABX untuk mempermudah anda jalani sebuah bisnis di perkantoran. Karena dengan begitu anda kan dengan mudah menerima berbagai panggilan yang dari luar maupun dalam. Serta di dalam sistem tersebut juga akan membantu anda menyimpan berbagai kode ekstensi yang tujuannya untuk memilah panggilan tersebut ditujukan kepada siapa.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.