Minggu, 27 September 2020

Eksotis! Ini 5 Alasan Gunung Rinjani Jadi Favorit Pendaki

Gunung Rinjani

Bagi yang sudah pernah mendaki Gunung Rinjani, pasti setuju kalau gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini sangat eksotis. Keeksotisan ini menjadikan Rinjani sebagai salah satu gunung yang favorit untuk didaki. Bahkan, tak Cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis akan keindahan Rinjani, para wisatawan yang awan dengan pendakian pun akan kagum melihat keindahannya.

Daya tarik Gunung Rinjani diyakini memiliki magnet kuat untuk bisa menarik banyak turis asing berkunjung. Kira-kira apa saja alasan mengapa gunung yang berlokasi di Lombok ini sangat layak dan menjadi yang paling favorit untuk didaki? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunung Rinjani Memiliki Segara Anak yang Memukau

Tak kalah dengan Gunung Semeru yang punya Ranu Kumbolo, Rinjani juga memiliki Segara Anak. Pemberian nama Segara Anak menurut kepercayaan warga setempat bermakna anak laut. Hal ini sesuai dengan air dari danau Segara Anak sendiri, yang terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Pemandangan dari Segara Anak sangat memukau. Pepohonan rindang, suasana pegunungan yang sejuk, dan kilau dari air danau yang jernih mampu membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama di sini.

2. Kawah Gunung Barujari yang Mempesona

Sumber: www.indonesia.travel

Di tengah-tengah Segara Anak, terdapat anak gunung yang memiliki nama Gunung Barujari. Dari pinggiran danau, Anda bisa melihat kemegahan gunung tersebut. Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona terutama saat Gunung Barujari mengeluarkan sulfur dari kawahnya. Pemandangan yang mempesona ini bisa Anda nikmati juga saat berada di puncak, lho!

3. Gunung Tertinggi Nomor 3 di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia, setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Di atas ketinggian 3726 mdpl, Anda akan merasakan sensasi di atas awan, melihat kaki langit yang luas seolah tanpa batas. Tak heran, banyak wisatawan yang ingin mencapai puncak gunung ini. Lebih dari itu, di puncak Rinjani, Anda juga bisa menyaksikan lanskap pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Tambora, dan lautan luas yang terlihat jelas. Sangat epic pastinya! Jadi, jangan lupa memasukan Rinjani dalam list destinasi pendakian. Karena Gunung Rinjani juga termasuk dalam Seven Summits gunung di Indonesia.

4. Sunset Paling Cantik di Plawangan Sembalun

Sumber: www.photos.travelblog.org

Jika umumnya pemandangan yang paling dicari di gunung adalah sunrise, maka di Gunung Rinjani Anda juga bisa menikmati sunset paling cantik. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati senja bersama pasangan. Tak heran, Rinjani sering disebut sebagai gunung yang romantis. Bagi Anda yang ingin menikmati sunrise di gunung ini, spot terbaik berada di Plawangan Sembalun.

5. Gunung dengan Tata Letak Terbaik di Asia Tenggara

Sumber: www.adventureinyou.com

Pada tahun 2004, Gunung Rinjani mendapat penghargaan World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler. Sementara pada tahun 2005, gunung satu ini kembali masuk menjadi 3 besar Tourism for Tomorrow kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Selain penghargaan-penghargaan tersebut, Rinjani juga menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara. Mulai dari jalur pendakian, pos-pos pendakian, pesona alam, hingga rumah penduduk di sekitar Gunung Rinjani dikelola dengan sangat baik. Secara keseluruhan, Gunung Rinjani menjadi destinasi wisata berbasis ekologi dan masyarakat terbaik yang layak Anda kunjungi.

Bagaimana? Tertantang untuk segera merasakan pesona keindahan yang eksotis dari Gunung Rinjani? Yuk, jelajahi lebih banyak tentang wisata Gunung Rinjani dan destinasi wisata lainnya dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.