Selasa, 25 Agustus 2020

Berapa Bagi Hasil Yang Pantas?

 

Bagi Hasil

Bagi hasil merupakan salah satu langkah yang bisa ditempuh ketika pelaku usaha mengalami kendala modal. Keuntungan dari sistem ini dimana tidak ada bunga terhadap jumlah modal yang telah diberikan kepada pelaku usaha. Namun bagi hasil sebaiknya dilakukan secara transparan sehingga kedua pihak merasa diuntungkan. Salah satu pertanyaan yang sering terlintas adalah berapa bagi hasil yang perlu diterapkan? Untuk memperoleh jawabannya, simak ulasan berikut.

Pembagian Hasil Secara Adil dan Transparan

Mungkin bagi perusahaan berbadan hukum seperti PT, maka jumlah bagi hasil sudah tertuang dalam anggaran dasar. Tentunya untuk mendirikan bentuk usaha tersebut, anda bisa menggunakan jasa pembuatan pt secara online maupun offline. Dalam menerapkan bagi hasil sebaiknya dilakukan secara transparan agar kedua belah pihak merasa saling diuntungkan. Sebagai orang yang menjalankan usaha, anda juga harus memberikan presentasi yang adil.

Sudah selayaknya jika keuangan disampaikan secara transparan kepada investor. Tentu tidak bisa dipungkir jika kedua pihak menginginkan jumlah laba yang sebanyak banyaknya. Untuk memberikan penawaran maka anda perlu mengambil jalan tengah agar kedua pihak mendapatkan laba dengan impas. Anda juga harus menggunakannya modal yang diberikan dengan maksimal sehingga anda memiliki daya tawar yang tetap tinggi.

Sebagaimana contohnya ketika anda membutuhkan modal Rp 1 miliar, maka anda tetap harus mengupayakan ada sebagian modal yang ditanggung sendiri. Sedangkan sisanya baru diserahkan kepada investor. Dengan demikian, perusahaan masih mempunyai sebagai porsi dalam proyek tersebut. Permodalan seperti ini juga akan mempermudah anda dalam membagi keuntungan. Anda bisa membagi laba sesuai dengan persentase masing masing.

Sedangkan untuk ketentuan laba yang dibagikan sebaiknya sudah dikurangi dengan biaya produksi dan operasionalnya. Sehingga pendapatan yang diterima kedua pihak merupakan keuntungan bersih dari perusahaan tersebut. Selain itu, perhitungan seperti ini juga dinilai lebih adil karena pihak perusahaan harus mengeluarkan tenaga dan waktu untuk proses produksi dan penjualan. Anda bisa memasukkan biaya operasional dalam pengajuan proposal investasi proyek.

Pembagian Keuntungan Jika Modal Ditanggung Investor

Ada kalanya sebuah perusahaan hanya mengandalkan modal dari investor saja. Dengan demikian, pemilik usaha tidak mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankan usaha tersebut. Maka dalam perjanjian bagi hasil ini, investor harus mendapatkan kembali semua modal yang telah diberikan baik saat peminjam mendapat keuntungan maupun tidak. Hal ini merupakan resiko dari perjanjian bagi hasil antara kedua belah pihak.

Untuk pembagian keuntungan dengan modal yang seluruhnya diperoleh dari investor, maka anda perlu memberikan persentase yang lebih besar. Jadi sebaiknya pembagian keuntungan yang diajukan sekitar 50 persen dan 50 persen atau 60 persen dan 40 persen. Jika dihitung memang jumlah tersebut cukup besar. Namun keuntungannya, anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali dan bisa lebih berfokus pada pekerjaan.

Sebaiknya keuntungan tahunan yang diperoleh perusahan tidak hanya dihabiskan untuk pemilik usaha, melainkan juga untuk pengembangan usaha kedepannya. Hal ini sangat penting sebagai salah satu investasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Pastikan anda sudah menyisihkan dana untuk modal di waktu berikutnya, biaya promosi serta investasi di bulan depan. Hal ini juga berlaku untuk pembuatan PT secara online.

Pembagian hasil antara pemilik usaha dan penanam modal tergantung dari jumlahnya modal yang diberikan. Semakin banyak modal yang anda terima, maka investor pantas mendapatkan laba yang besar. Kendati demikian, anda harus memaksimalkan modal yang diberikan agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu, pastikan anda sudah memperhitungan dengan biaya operasional.

 

 

 

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.