Selasa, 26 Mei 2020

Asuransi Syariah Bisa Mewujudkan Impian untuk Beribadah Haji


Asuransi Syariah Bisa Mewujudkan Impian untuk Beribadah Haji

Akhir-akhir ini keuangan syariah semakin bergerak secara global, dan terus mengalami pertumbuhan yang fantastis. Hal ini dibuktikan dengan beberapa Negara yang menerapkan sistem ekonomi syariah, termasuk Indonesia. Pemerintah mulai mencanangkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan instrumen syariah. Baik melalui perbankan atau non perbankan kini menawarkan produk asuransi syariah, sebagai investasi dan bentuk proteksi halal #AwaliDenganKebaikan. 

Mengulas Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia
Berdasarkan data Global Islamic Economic Indicator tahun 2017, pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia beradi di ranking 10. Hal itu menandakan bahwa ekonomi Islam terus meningkat pertumbuhannya, meskipun belum menjadi instrumen keuangan utama. Indonesia harus melampaui beragam tantangan untuk mengembangkan ekonomi syariah dan keuangan Islam. Selama ini masyarakat Indonesia terjebak sebagai konsumen saja bukan sebagai produsen.

Pemerintah masih terus berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, sebagai motor penggerak perekonomian. Pergerakan tersebut semakin terlihat dari meningkatnya beberapa produk investasi syariah, dan pembiayaan syariah seperti sukuk. Penyediaan program-program syariah terus disajikan, dan digadangkan menjadi titik tumpu untuk menjalankan roda ekonomi. Salah satunya kehadiran asuransi syariah yang mulai tampak pertumbuhannya.

Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah diharapkan menjadi salah satu upaya, untuk memperkuat pasar ekonomi global. Pada peta ekonomi syariah diprediksi memiliki potensi yang sangat besar, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru. Bank Indonesia sendiri memberlakukan kebijakan untuk mendukung pembiayaan syariah, baik perbankan ataupun non perbankan. Untuk pengawasan Industri Keuangan Non Bank seperti perusahaan asuransi akan diawasi oleh OJK.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah

Fahmi adalah seorang guru senior yang mempunyai impian berangkat ke Tanah Suci, setelah tabungannya terkumpul. Beliau pun mulai mencari produk asuransi syariah Indonesia yang sekiranya bisa memberi perlindungan, baik sebelum atau saat menunaikan ibadah Haji. Pilihan jatuh kepada Allianz Tasbih yang membantu kesiapan batin, serta dana untuk Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH). Sehingga niat Haji anda dapat direalisasikan bersamaan dengan tambahan manfaat perlindungan.

Ketika mengajukan permohonan asuransi ke perusahaan Allianz, Fahmi semakin percaya diri menyerahkan dananya kepada perusahaan. Beliau dijelaskan bahwa nantinya akan mendapat santunan asuransi jiwa, jika peserta asuransi mengalami resiko kecelakaan. Dalam programnya juga dijelaskan akan mendapat evakuasi medis dan repatriasi darurat. Setiap peserta asuransi mendapat santunan sebesar 200 persen apabila terjadi resiko kematian, saat di perjalanan Haji.

Melihat dari manfaat proteksi yang ditawarkan, akhirnya Fahmi bisa bernafas lega. Pasalnya beliau merasa terlindungi dengan berbagai manfaatnya. Dari sini Fahmi mulai menyadari bahwa asuransi syariah Indonesia, mulai memberikan perhatian untuk masyarakatnya. Semakin hari terus berinovasi untuk menjadi pelindung terbaik, bagi masyarakat Indonesia. Tujuannya ialah memberi kesadaran bahwa asuransi syariah, lebih membawa proteksi halal yang baik untuk umat Muslim.

Fahmi juga memahami bahwa belum banyak masyarakat yang melek akan asuransi syariah. Namun beliau menjamin jika asuransi ini mendatangkan banyak manfaat, daripada asuransi konvensional. Beberapa teman Fahmi yang sudah memakai produknya mengatakan, jika di asuransi syariah pengajuan klaim lebih mudah. Karena disini perusahaan hanya sebagai penghimpun dana, dan brankas penyimpanan yang aman. Jadi kapanpun ada pengajuan klaim perusahaan tanggap untuk mengurusnya.

Perkembangan ekonomi syariah diharapkan mampu menjadi instrumen utama dalam perekonomian Negara. Dalam Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024 disebutkan bahwa produk proteksi syariah, akan mendorong pertumbuhan ekonomi Islam di Indonesia. Persiapan proteksi ini difungsikan sebagai tabungan apabila terjadi resiko, bukan konsep berjaga-jaga tetapi hanya untuk mengalokasikan pendapatan. 

Allianz Blog Contest

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.