Minggu, 15 Maret 2020

Ini Dia 5 Jenis Truk di Indonesia


Ini Dia 5 Jenis Truk di Indonesia
Truk merupakan alat transportasi darat yang terdiri dari beragam tipe. Armada transportasi ini biasanya digunakan untuk mengirim barang-barang ke berbagai kota dengan jumlah yang banyak. Di Indonesia sendiri truk bisa dikatakan sebagai alat transportasi yang mudah ditemui karena memudahkan pengiriman barang. Bahkan, ada pengguna yang mengambil cicilan truk Mitsubishi untuk mengirim barang dari kota ke kota sehingga semakin memperbanyak jumlah truk tersebut.

Jenis-jenis truk di Indonesia

Armada transportasi truk yang digunakan di Indonesia memiliki tipe yang berbeda-beda. Perbedaannya bisa dilihat dari jumlah sumbu dan jumlah roda yang digunakan truk. Selain itu, truk juga bisa dibedakan berdasarkan pada ukuran maksimal serta kapasitas muatannya. Berikut merupakan beberapa jenis truk tersebut:

  1. Truk Pick Up. Pick up merupakan jenis truk paling kecil yang memiliki dua sumbu dan empat roda. Volume maksimal dari truk pick up ini adalah 1 CBM dengan berat muatan maksimal 1,5 ton. Biasanya, truk pick up ini lebih sering digunakan untuk mengantar barang pindahan dengan rute yang dekat dan tidak terlalu jauh. Mobil pick up ini pun memiliki tingkat kerusakan yang relatif rendah sehingga bisa dikatakan lebih aman.
  2. Truk Cold Diesel Engkel (CDE). Jenis truk ini hampir sama dengan pick up, yaitu memiliki dua sumbu dan empat roda. Yang membedakannya adalah kapasitas dari truk, di mana memiliki muatan maksimal 2 ton dengan 6 CBM kubikasi. Tidak hanya digunakan untuk mengirim barang, truk cold diesel engkel (CDE) atau dikenal dengan truk engkel ini juga sering dipakai untuk mengangkut sampah.

  3. Truk Cold Diesel Double (CDD). Truk ini biasa disebut dengan truk canter dan memiliki dua sumbu dengan enam roda. Truk canter ini masih bersaudara dengan truk engkel dengan kapasitas dan volume muatan yang lebih besar. Kelebihan dari truk canter ini adalah bisa membawa muatan yang banyak karena telah dimodifikasi menjadi truk CDD Long.
  4. Truk Fuso. Fuso merupakan salah satu jenis truk yang memiliki kapasitas kubikasi paling luas dan mengalahkan kapasitas truk canter, yakni sebesar 25 CBM dengan berat maksimal 7 ton. Mitsubishi merupakan pabrikan yang berfokus mengeluarkan fuso dengan tingkatan kelas light.
Demikianlah beberapa jenis-jenis truk di Indonesia yang seringkali kita temui di jalan raya. Pengguna truk-truk besar ini biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang antar kota dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.