Jumat, 22 November 2019

Pengertian Investasi Online Peer to Peer


Pengertian Investasi Online Peer to Peer

Apa itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Terdapat 2 pendekatan dalam hal pinjaman peer to peer (Pinjaman P2P) ini, yaitu sebagai peminjam atau pemberi pinjaman (investor). Namun, seperti apa pun Anda dalam hal pinjaman antar pihak, kedua peran akan memberikan manfaat khusus bagi Anda dalam hal keuangan. Memang, sistem Pinjaman P2P juga bukanlah tanpa risiko.
Sama seperti kegiatan keuangan lainnya, Anda tetap harus berhati-hati dalam menjalankannya. Namun begitu, selama Anda mendiskusikan bagaimana sistem dan cara memindahkannya, hal-hal yang terkait dengannya, dan hal-hal penting lainnya, Anda akan baik-baik saja.
Apa itu Peer to Peer Lending (P2P Lending)?
Investasi Peer to Peer Lending adalah praktik atau metode yang memberikan pinjaman kepada individu / bisnis dan sebaliknya; Meminta pinjaman untuk kebutuhan individu / bisnis. Intinya, pinjaman P2P menghubungkan antara pemberi pinjaman (pemberi pinjaman / investor) dan peminjam secara online. Investasi Peer to Peer Lending memungkinkan siapa saja untuk memberikan pinjaman atau meminta pinjaman dari satu sama lain untuk berbagai keperluan tanpa menggunakan jasa keuangan lembaga yang sah sebagai pihak yang berpartisipasi.
Pada dasarnya, sistem investasi P2P ini sangat mirip dengan konsep pasar online lain yang menyediakan tempat pertemuan antara pembeli dan penjual. Dalam kasus pinjaman P2P, sistem inilah yang akan mempertemukan peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. Jadi, bisa dikatakan bahwa P2P Lending ini adalah pasar untuk kegiatan pinjam meminjam uang.
Daripada menarik pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank, koperasi, layanan kredit, pemerintah dan sebagainya yang prosesnya jauh lebih rumit, maka sebagai alternatif sekarang ini orang dapat meminta pinjaman yang terjangkau bagi orang awam yang menggunakan sistem P2P. Oleh karena itu sistem ini disebut "peer-to-peer".
Bagaimana Cara Kerja Peer to Peer Lending?
Sebagai peminjam, yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah semua dokumen yang diperlukan untuk investasi online (yang merupakan proses yang relatif cepat). Termasuk diantaranya dari dokumen yang berisi laporan keuangan dalam periode tertentu dan juga tujuan Anda dalam pinjaman. Aplikasi pinjaman Anda dapat diterima secara bebas, tergantung pada berbagai faktor.
Jika permintaan Anda ditolak, maka Anda harus memperbaiki semua yang menjadi alasan permintaan Anda. Jika diterima, suku bunga pinjaman akan diterapkan dan aplikasi pinjaman Anda akan dimasukkan ke pasar yang tersedia sehingga semua pemberi pinjaman dapat melihat aplikasi pinjaman Anda.
Sebagai investor, Anda perlu mengakses data aplikasi pinjaman di dasbor yang disediakan. Anda juga dapat melihat semua data tentang pinjaman masing-masing orang, terutama data yang relevan tentang peminjam seperti pendapatan, keuangan, tujuan orang tersebut meminjam (apakah untuk bisnis, kesehatan, atau pendidikan) beserta dengan alasanny.
Jika Anda memutuskan untuk menginvestasikan pinjaman, Anda dapat segera menginvestasikan sejumlah dana setelah melakukan setoran sesuai dengan tujuan investasi Anda. Peminjam akan membayar pinjaman setiap bulan dan Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan pokok dan bunga. Bunga besar akan tergantung pada tingkat bunga pinjaman yang diinvestasikan.
Jika Anda ingin menjadi peminjam, maka pinjaman peer to peer ini adalah fasilitas yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman pribadi dengan cepat. Dan bagi investor, jika Anda memiliki dana lebih yang hendak dialokasikan namun tidak tahu harus diinvestasikan kemana, maka investasi peer to peer lending ini adalah sarana yang tepat bagi Anda. Nah bagaimana, apakah Anda siap menjadi investor atau bahkan meminjam uang dilayanan investasi peer to peer?


Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.