Jumat, 23 Agustus 2019

Fungsi dan Kegunaan Grinder Kopi untuk Cita Rasa Terbaik


Fungsi dan Kegunaan Grinder Kopi untuk Cita Rasa Terbaik

Siapa sih dari kalian yang nggak doyan ngopi? Pastinya masyarakat saat ini banyak sekali yang rajin mengonsimsi minuman berkafein ini. Ditambah lagi dengan banyaknya kopi yang dijual dalam bentuk cup - cup ini menambah daftar antrian pecinta kopi pastinya. Tetapi, tahukan kalian proses pembuatan kopi. Yap, tahapnya pasti penggilingan dengan menggunakan grinder kopi.

Grinder sendiri digunakan untuk menghaluskan biji kopi agar terbentuk bubuk kopi, sehingga memudahkan kalian dalam proses penyeduhan kopi. Fungsi dan jenis grinder pun beragam. Tergantung dari penggunaan kalian sendiri. Kali ini, artikel dibawah akan membahas fungsi dan kegunaan grinder berdasarkan jenisnya.

Fungsi dan Kegunaan Grinder Kopi

1. Grinder Manual
Grinder kopi berjenis manual ini cara penggunaannya yakni diputar secara manual menggunakan tangan. Grinder dengan jenis ini akan menciptakan kopi dengan aroma kopi yang khas dan tradisional. Jika biasanya orang melakukan penggilingan kopi manual dengan cara ditumbuk, nah grinder manual ini bisa kalian pakai untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa yang khas dan yang pasti akan jauh lebih menghemat waktu ketimbang menggunakan cara menumbuk. Dengan menggunakan grinder manual, hasil kopi yang didapat juga bisa menjadi lebih halus. Namun perlu diperhatikan nih, jika menggunakan grinder ini, kalian tidak bisa menggunakan biji kopi dalam jumlah banyak ya.

2. Grinder Elektrik
Fungsi dan kegunaan grinder kopi yang kedua  ini adalah kalian bisa menghasilkan kopi dengan lebih banyak jumlahnya. Dengan grinder elektrik yang penggunaannya membutuhkan listrik ini, kalian bisa lebih menghemat waktu dalam proses pembuatan kopi. Selain itu, jumlah kopi yang akan digiling pun bisa lebih banyak ketimbang kalian menggunakan grinder manual. Tetapi, juga dibutuhkan tempat yang cukup besar ya untuk meletakkan grinder ini. Serta kalian juga harus mengukur komposisi kopi yang pas untuk digiling pada grinder ini, agar  grinder tidak cepat rusak.

3. Blade Grinder
Fungsi dari grinder satu ini juga hampir sama dengan grinder pada umumnya, yakni menghaluskan kopi. Namun kelebihan dari blade grinder adalah grinder berjenis ini bisa dibawa kemanapun loh, karena bentuknya juga tidak terlalu besar. Serta, penggunaannya juga lebih mudah yakni kalian hanya tinggal memencet satu tombol saja dan kopi sudah bisa anda dapatkan. Tetapi grinder ini memiliki kelemahan yakni suaranya agak sedikit berisik saat menggilang kopi. Serta jika mata pisau untuk menggiling terlalu panas, akan menciptakan rasa yang sedikit berbeda dengan biji kopi lainnya. Selain itu, presisi penggilingan juga terkadang tidak merata, namun harga dari blade grinder ini lebih terjangkau dibandingan dengan burr grinder.

4. Burr Grinder
Grinder kopi yang terakhir adalah burr grinder. Grinder berjenis ini memiliki fungsi untuk menghaluskan kopi dengan tingkat presisi yang bagus sekali, sehingga kopi yang dihasilkan merata dan sama. Mata pisau yang terdapat dalam grinder ini pun juga tajam dan bisa digunakan dalam penggilingan kopi dalam jumlah yang besar. Dengan mata pisau yang bergerigi, grinder ini dapat menghancurkan kopi dengan konsistensi terbaik, sehinga hasil kopinya pun akan terlihat sempurna. Burr grinder ini juga bisa dibilang sebagai mesin penggiling kopi yang paling akurat karena hasil gilingan kopi yang sama sehingga tetap menjaga cita rasa kopi bahkan ketika telah diseduh.

Itulah beberapa jenis grinder kopi dan juga masing -masing fungsinya. Kalian bisa membeli grinder kopi sesuai kebutuhan yang kalian inginkan. Jika ingin menghasilkan kopi dengan cara cepat sebaiknya membeli grinder elektrik sebagai solusinya. Ataupun jika kalian masih menginginkan proses menggilomh kopi dengan cara tradisional, sebaiknya menggunakan grinder manual. Semua pilihan tergantunh dari kebutuhan anda ya.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.