Sabtu, 15 Juni 2019

8 Tips Pilih Apartemen yang Baik dan Tepat untuk Kebutuhan Anda


8 Tips Pilih Apartemen yang Baik dan Tepat untuk Kebutuhan Anda

Cari apartemen untuk pertama kalinya dapat menjadi tantangan tersendiri. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari harga, perabotan, hingga fasilitas. Satu hal yang harus dipastikan adalah apartemen yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itulah, sebelum memilih apartemen, sebaiknya seseorang benar-benar mengetahui apa yang mereka butuhkan. Walaupun begitu, ada beberapa tips mendasar yang perlu diketahui orang yang ingin mencari apartemen untuk pertama kalinya.

Apartemen menjadi alternatif pilihan untuk tempat tinggal saat ini, mengingat keefektifan dan keefisienannya, selain juga menjadi gaya hidup bagi pekerja mapan. Dan yang lainnya adalah apartemen juga bisa menjadi sasaran investasi di masa depan. Lalu bagaimana Anda memilih dan cari apartemen agar mendapatkan yang baik, tidak seperti membeli kucing dalam karung karena tak dipungkiri iklan-iklan pengembang sangat menggiurkan? Berikut ini 8 tips memilih apartemen yang baik dan tepat sesuai kebutuhan yang dirangkum dari liputan6.com properti:

1. Lokasi
Dalam cari apartemen penentuan lokasi terbaik menjadi syarat utama memilih sebuah apartemen. Anda sebaiknya mencari yang berada di jalan kelas satu (utama) karena tingkat kenaikan harga propertinya lebih tinggi. Lokasi nomor satu memiliki segala penunjang untuk percepatan proses pertumbuhan nilai properti.

2. Kawasan Bisnis
Cari apartemen yang berdekatan dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perdagangan, perkantoran, perbankan, sekolah, rumah sakit, pasar, hotel, terminal busway, pusat transportasi, serta sarana hiburan. Karena potensi kenaikan harganya juga makin tinggi. Anda juga perlu mempertimbangkan jarak ke berbagai fasilitas publik. Tentu dalam kehidupan sehari-hari, Anda membutuhkan berbagai fasilitas publik demi menunjang kehidupan. Jadi, dapatkan lokasi yang terjangkau dari Bank atau ATM, pusat pengeluaran, rumah sakit, sekolah dan sebagainya.

Pilih lokasi apartemen yang dekat dengan berbagai fasilitas publik, tentu akan memudahkan Anda dalam mobilitas sehari-hari. Anda ingin pergi belanja? Tidak perlu mengeluarkan ongkos yang besar. Anda bisa langsung membeli segala kebutuhan melalui pusat belanja yang ada di dekat lokasi hunian Anda. Hal ini menjadi poin penting mengingat tingkat kebutuhan yang tak akan pernah berhenti setiap bulannya. Hidup di apartemen harus memberikan banyak kemudahan. Jadi, jangan sampai keputusan Anda tinggal di apartemen justru akan mempersulit segala kebutuhan Anda.

3. Kawasan Aman
Keamanan tentu juga menjadi nomor satu. Pilih dan cari apartemen yang dijamin security system dan petugas keamanan yang baik sehingga Anda lebih nyaman menempatinya. Anda ingin memiliki hidup yang tentram, damai dan aman? Jadi sebelum mencari hunian, lakukan survei terlebih dahulu di tingkat hunian modern pilihan Anda. Jangan sampai lokasi lokasi yang ditempati, Anda memiliki tingkat yang buruk. Apalagi jika ditambah dengan tingkat kejahatan yang tinggi.

Cara survey yang bisa dilakukan yaitu melalui internet. Pertama, Anda telusuri lokasi yang menjadi target hunian, apakah ada catatan kejahatan yang pernah dilakukan di sana? Biasanya jika pernah terjadi kasus kejahatan besar, kita akan mudah menemukannya melalui berita internet.  Dan yang lainnya adalah, Anda juga bisa menanyakan orang-orang di sekitar hunian tersebut, seperti penghuni apartemen, orang yang berdagang di kawasan apartemen, serta pihak keamanan yang ada di sana. Cari tahu juga mengenai sistem keamanan di sana, apakah terjaga ketat atau tidak?

4. Perhatikan Fasilitas
Sebaliknya cari apartemen yang didalamnya juga menyediakan pusat perbelanjaan seperti mall atau pasar modern. Ini penting untuk menjamin ketersediaan kebutuhan sehari-hari Anda. Kita tidak perlu jauh-jauh atau hingga keluar kompleks apartemen untuk mendapat kebutuhan itu. Usahakan cari apartemen yang memiliki fasilitas lengkap, baik di dalam gedungnya maupun di sekitar lingkungannya. Sesuaikan fasilitas itu dengan kebutuhan. Misalnya, bagi yang suka berolahraga, cari apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang dan ruang fitness. Dan yang lainnya adalah, sebaiknya pilih apartemen yang memiliki kemudahan akses transportasi sehingga dapat melakukan mobilitas dengan mudah.

5. Reputasi Pengelola
Cari tahu dan cermati pengembangnya, apakah memiliki reputasi baik. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jaringan yang dibangun pengembang itu.Bila perlu pilih pengembang yang juga memiliki pengalaman di internasional sehingga memiliki jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi.

6. Minimal Dua Kamar
Meski saat ini sudah banyak ditawarkan apartemen dengan type studio atau kamar tunggal, sebisa mungkin tetap pilih dan cari apartemen dengan dua kamar. Karena sewaktu-waktu bisa ditempati untuk ukuran keluarga.

7. Status Tanah
Perhatikan dengan cermat status tanah apartemen yang akan Anda pilih. Pastikan tanah bukan dalam proses sengketa atau berstatus sewa lahan. Pastikan juga dokumen juga tidak bermasalah seperti menjadi jaminan di bank. Bila perlu minta bantuan notaris atau pemda setempat sebelum bertransaksi.

8. Harga
Harga merupakan hal pertama yang harus diperhatikan saat cari apartemen. Pastikan harga apartemen sesuai dengan budget. Tipsnya, coba cari kamar di lantai 2 atau 3, biasanya harganya lebih murah karena lebih banyak orang yang memilih kamar di lantai bawah. Tetapi, walaupun mencari apartemen yang murah, pastikan hunian yang dipilih memiliki sistem pengamanan yang bagus.

Jadi, jangan sampai Anda lalai dan tidak memperhatikan aspek-aspek tersebut. Karena bagaimanapun juga, hal ini dapat berakibat fatal pada kondisi keuangan, keuangan, ketentraman, bahkan kenyamanan kesehatan. Jadilah penghuni yang cerdas.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.