Sabtu, 02 Maret 2019

Pengganti Mentega Yang Lebih Menyehatkan Yang Harus Kamu Tahu

Pengganti Mentega Yang Lebih Menyehatkan Yang Harus Kamu Tahu

Mentega memberi rasa gurih untuk makanan, namun karena tinggi lemak, konsumsi mentega kerap dihindari. Untuk menggantikannya ada 3 bahan makanan ini.

Butter atau mentega dapat digunakan untuk berbagai hal dalam memasak. Dioleskan ke roti atau kue, butter dapat menambah cita rasa dari makanan. Banyak orang mengunakan butter untuk menggantikan minyak goreng, memanggang, membuat hiasan, hingga campuran dalam adonan kue. Olahan susu sapi ini sangat mudah ditemui di pusat perbelanjaan.

Namun banyak orang menghindari penggunaan butter karena alergi terhadap protein sapi. Kandungan lemak yang tinggi pada butter juga tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi. Selain itu, butter yang beredar di pasaran banyak mengandung perasa buatan dan garam berlebih.

Untuk menyiasatinya, cobalah bahan yang bisa jadi pengganti sehat butter.

1. Ghee

Ghee merupakan mentega khas India yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Bahan makanan yang termasuk dalam super food ini adalah butter yang dipanaskan hingga 120 derjat celsius hingga memisahkan airnya dan merubah warnanya menjadi kecokelatan. Proses ini menciptakan rasa yang kaya dan meningkatkan kadar antioksidan. Ghee dapat digunakan seperti butter biasa. Namun jika Anda ingin menggunakannya untuk adonan kue, kurangilah kadar air pada adonan karena ghee akan memberikan kelembaban ekstra pada kue. Penggunaan ghee juga harus dibatasi karena masih mengandung lemak jenuh.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal dengan berbagai khasiatnya, termasuk menekan nafsu makan dan meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh. Minyak alami ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan membunuh bakteri dan virus. Satu-satunya kekurangan minyak kelapa adalah aroma kelapa yang tidak dapat dihilangkan dan akan mendominasi masakan. Meskipun begitu, penggunaan minyak kepaa tetap menjadi alternatif pilihan terutama untuk membuat masakan lebih gurih.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dianggap sebagai minyak paling sehat untuk memasak. Karenanya, banyak menu vegetarian yang menggunakan minyak ini untuk memasak atau campuran salad. Minyak ini memiliki antioksidan yang tinggi karena kandungan anti inflamasi di dalamnya. Berbeda dengan minyak yang lain, minyak zaitun mengandung lemak baik yang dapat melindungi jantung. Takaran yang sesuai untuk menggantikan satu cangkir butter adalah dengan 3/4 cangkir minyak zaitun karena sifatnya yang lebih cair.

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.